Home / Ruwa Jurai / Buka Malam Puncak Semarak Pesawaran ke-15, Gubernur Arinal Gelorakan Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi

Buka Malam Puncak Semarak Pesawaran ke-15, Gubernur Arinal Gelorakan Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN ------ Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Acara Malam Puncak Semarak Pesawaran ke- 15 Tahun 2022 di Lapangan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Minggu (31/7/2022) malam.

Pembukaan acara dengan Tema Bumi Wisata Sejuta Pesona tersebut
ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bersama Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Anggota DPR RI Zulkifli Anwar, dan unsur forkopimda Kabupaten Pesawaran.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal menggelorakan kebangkitan ekonomi pascapandemi. Gubernur Arinal berharap Pemerintah Kabupaten Pesawaran mampu menghadirkan pariwisata yang berkualitas, pariwisata yang menawarkan pengalaman unik serta kenyamanan bagi para wisatawan. Sehingga mampu memberikan dampak peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah. Kondisi ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya menyambut gembira kegiatan ini dapat terselenggara dengan meriah. Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi kepada Bupati, serta ucapan terima kasih atas kehadiran dan antusias saudara semua, dalam mengikuti rangkaian acara dalam rangka HUT Kabupaten Pesawaran yang ke-15," ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa Sektor Pariwisata menjadi bagian dalam agenda kerja utama Pemerintah Provinsi Lampung. Hal ini tercantum dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024, yaitu menjadikan Lampung Kaya Festival dan menjadikan Lampung sebagai tujuan ekowisata, salah satunya melalui pengembangan desa wisata.

Desa Wisata menjadi salah satu alternatif wisata alam yang dapat menghadirkan keunikan, melalui ciri khas produk lokal dan atraksi daerah.
"Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 3 Desa Wisata di Provinsi Lampung yakni Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua (Lampung Selatan), Desa Wisata Teluk Kiluan (Tanggamus) dan yang terakhir adalah Desa Wisata Pulau Pahawang (Pesawaran). Ketiga desa ini berhasil masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkap Gubernur Arinal.

Arinal menuturkan bahwa Kabupaten Pesawaran memiliki potensi yang besar terutama untuk wisata alam. "Saya yakin ke depan Pemerintah Kabupaten Pesawaran mampu menghadirkan pariwisata yang berkualitas, pariwisata yang menawarkan pengalaman unik serta kenyamanan bagi para wisatawan," ujarnya.

Lestarinya budaya di Pesawaran bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat. Budaya yang terawat diharapkan akan menarik minat wisatawan. Oleh sebab itu perlu dilestarikan bersama.

"Untuk itu, kita harus jeli, kreatif dan inovatif untuk terus menggali dan mengelola potensi-potensi wisata yang ada di daerah kita, khususnya di Pesawaran," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas dukungan dan perhatian selama ini kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran.
"Begitu banyak dukungan yang telah diberikan bapak Gubernur Arinal kepada Kabupaten Pesawaran. Untuk itu, Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Terimakasih atas perhatian yang begitu lebih kepada Kabupaten Pesawaran," ujar Bupati Dendi.

Terkait semarak ke 15 Kabupaten Pesawaran, Bupati Dendi berharap semangat semarak ini dapat tumbuh ditengah masyarakat, dan optimis bangkit dari Pandemi Covid-19. (Red)

Visitor: 27