Home / Ruwa Jurai / Bupati Lampung Timur : Kasus Seksual Di Pesantren, Wajib Diantisipasi"

Bupati Lampung Timur : Kasus Seksual Di Pesantren, Wajib Diantisipasi"

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, mendukung pembuatan SOP pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual di pondok pesantren, oleh Forum Pengasuh Pesantren Putri (FASANTRI).

Hal tersebut disampaikan Bupati Hi M Dawam Rahardjo, saat menghadiri Pelantikan Pengurus Wilayah FASANTRI Provinsi Lampung, sekaligus Launching SOP pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual di pondok pesantren Putri, bersama Wakil Gubernur Hj Chusnunia, pada Rabu (27/7).

Pihaknya berharap SOP tersebut, dapat mengantisipasi dan menekan potensi kekerasan seksual pada lembaga pendidikan berbasis asrama, termasuk perguruan tinggi maupun pesantren.

"SOP ini harus dapat mengoptimalkan keberadaan pesantren, sebagai Lembaga Pendidik berbasis Agama, yang seharusnya memang memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya kasus kekerasan seksual, di lingkungan para santri," ujarnya.

Wakil Gubernur Lampung Hj Chusnunia, ingin SOP Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual, yang akan diberlakukan di berbagai pondok pesantren putri, tidak hanya dalam hal penanganan saja, melainkan juga pencegahan, agar tidak terjadi kasus kekerasan seksual.

"Ini terobosan yang sangat baik, karena didalam SOP tersebut, salah satunya ada pembelajaran ramah perempuan, yaitu bagaimana di pesantren memiliki sistem pembelajaran adil gender, dan ramah terhadap perempuan," terang Chusnunia. (Eko Arif)

Visitor: 1048