Home / Ruwa Jurai / Bupati Lampung Timur Terima Penghargaan Tarian Cetik Kipas Melinting, Pada AOE 2022
Bupati Lampung Timur Terima Penghargaan Tarian Cetik Kipas Melinting, Pada AOE 2022

Bupati Lampung Timur Terima Penghargaan Tarian Cetik Kipas Melinting, Pada AOE 2022

LAMPUNG1.COM, Bupati Lampung Timur Hi M Dawam Rahardjo menerima langsung Penghargaan, atas Penampilan Tarian Cetik Kipas Melinting, pada kegiatan APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan oleh panitia APKASI Otonomi Expo 2022, usai digelarnya acara Fashion Show serta Pentas Seni Budaya.

Dawam Rahardjo juga menjelaskan bahwa Tari Cetik Kipas Melinting ini, pernah ditampilkan di istana negara pada era Presiden Soekarno pada tahun 1965.

Dan pada kegiatan APKASI Otonom Expo 2022, Tari Cetik Kipas Melinting ditampilkan kembali, oleh 6 orang penari yang merupakan pelajar SMA Labuhan Maringgai, dari Sanggar Budaya Melinting, Desa Labuhan Maringgai.

"Kami bersyukur penampilan Tarian Cetik Kipas Melinting, dari Kabupaten Lampung Timur, dapat memukau para penonton, yang hadir dalam acara APKASI Otonomi Expo 2022, bahkan mendapat apresiasi dari pihak panitia," terang Dawam Rahardjo.

Sementara Ratu Keratuan Melinting, Rizal Ismail, menerangkan bahwa Tari Cetik Kipas Melinting adalah tari tradisional Kabupaten Lampung Timur, peninggalan Ratu Keratuan Melinting, yang mulai dipertunjukkan saat momentum pesta adat, pada abad XVI.

"Tarian ini menunjukkan keperkasaan Putra-Putra Lampung, memberikan perlindungan terhadap keluarganya, serta menggambarkan kelembutan dan kehalusan budi pekerti putri-putri Lampung," jelas Rizal Ismail. (Eko Arif)

Visitor: 1078