Home / Ruwa Jurai / Diduga Banyak Klinik Membeli Isi Ulang Oksigen Industri Untuk Pasien Medis

Diduga Banyak Klinik Membeli Isi Ulang Oksigen Industri Untuk Pasien Medis

Lampung1.com,Batam - PT Karya Agung Kencana merupakan penyuplai isi ulang oksigen industri, dari berbagai informasi yang kami peroleh diduga masih banyak klinik yang membeli isi ulang oksigen industri diperuntukkan untuk pasien medis,Selasa (16/8/2022).

Informasi yang didapat dari pelanggan isi ulang oksigen inisial Ir, pada waktu itu saya disuruh oleh bos yang kebetulan mempunyai klinik persalinan tak jauh dari lokasi.

"Saat itu saya memberikan 2 tabung oksigen kosong ukuran mini dan disuruh langsung masuk lewat pintu samping, karena saya kurang paham maka masuklah sampai ke area produksi.Namun dihardik oleh salah satu karyawan PT Karya Agung Kencana",tutur Ir.

"Ini area terlarang dan ini ruang lingkup kerja yang orang tidak boleh tahu", ungkap Ir menirukan ucapan karyawan PT Karya Agung Kencana.

Ketika awak media berusaha untuk konfirmasi kepihak PT Karya Agung Kencana,salah satu karyawan menyambut awak media dan mengatakan "Ibu sedang sibuk mau ada urusan,saya tidak bisa memberikan keterangan karna hanya karyawan",jelas Grace.

Media mencoba mempertanyakan kepada Ketua Departemen Kimia Universitas Airlangga (Unair) Mochamad Zakki Fahmi menjelaskan, konversi oksigen industri menjadi oksigen medis bisa saja terjadi karena proses pembuatannya hampir sama.Ia mengatakan, "perbedaannya terletak pada oksigen medis yang diarahkan memiliki tingkat kemurnian lebih tinggi".

"Jadi mungkin saja.Tetapi yang perlu diperhatikan, bagaimana oksigen industri itu bisa dimurnikan, sehingga selevel dengan oksigen medis," kata Zakki.

Oksigen medis didesain memiliki tingkat kemurnian oksigen tinggi. Hal ini menyebabkan alat yang digunakan untuk memproduksi atau oxygen generator pada oksigen medis lebih spesifik.

Konversi oksigen medis perlu memastikan tidak adanya partikulat pada oksigen industri dan pengurangan penggunaan komponen yang bisa menghasilkan partikel.

"Intinya oksigen medis, itu tidak boleh ada komponen-komponen yang bisa menyampuri",tegasnya

Kami mencoba menghubungi Kepala Dinas Perdagangan Kota Batam Dr. Gustian Riau mengatakan "untuk informasi ini saya baru mendengarnya,saya akan menindaklanjuti informasi yang diberikan media untuk cek lokasi".

Hingga berita ini terbit kami masih melakukan pengalian informasi kepada dinas-dinas terkait.(Iwan)

Visitor: 20