Home / Ruwa Jurai / Gubernur Lampung : "Walikota Berhasil Optimalkan Lahan Pertanian Di Kota Metro"
Gubernur Lampung : "Walikota Berhasil Optimalkan Lahan Pertanian Di Kota Metro"

Gubernur Lampung : "Walikota Berhasil Optimalkan Lahan Pertanian Di Kota Metro"

LAMPUNG1.COM, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi Walikota A Pairin, yang dinilai mampu mengelola lahan pertanian yang terbatas, di Kota Metro, namun berhasil menghasilkan target panen yang sangat baik.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Lampung, saat menghadiri Panen Raya Musim Tanam III "Cuak Mengan dan Ngetas Paghei", di hamparan sawah Kelompok Tani (Poktan) Mufakat I, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, pada Senin (27/1).

"Saya merasa bangga bahwa di bawah kepemimpinan Bapak Pairin sebagai Walikota Metro, luas lahan pertanian yang hanya 2.880 hektar, tetap mampu menunjukkan angka produksi dan produktivitas tanaman padi mencapai 47.000 ton", ujar Gubernur Arinal.

Sementara, Walikota Achmah Pairin menjelaskan bahwa pada musim kemarau yang panjang, di Musim Tanam ke-3 tahun 2019 lalu, sebagian besar petani di Kota Metro tetap melakukan tanam padi pada lahan seluas 2.880 hektare, dan berhasil panen, dengan produktivitas mencapai 6,58 ton perhektar.

Hal itu disebabkan adanya dukungan air irigasi, bantuan benih, pupuk bersubsidi dan alat mesin pertanian dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota Metro.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dan Walikota Metro Achmad Pairin, juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang digulirkan untuk kelompok tani (poktan) di beberapa Kecamatan di Metro.

Bantuan tersebut berupa 2 unit handtractor, 5 unit hand sprayer elektrik, 1 unit cultivator, 2 unit power trasher, 3 unit pompa air, serta bantuan Pemerintah Prov. Lampung kepada Pemerintah Kota Metro untuk pengembangan budidaya padi inbrida (penyerbukan sendiri) TA 2020 seluas 3.130 hektare.

Selain itu, juga terdapat penyerahan bantuan alsintan berupa 2 unit combine harvester dari Pemerintah Pusat, serta 15 unit hand dprayer electrick dan 12 unit corn planter dari Pemkot Metro. (Eko Arif)

Visitor: 1561