Home / Ruwa Jurai / Hadiri RAKERNAS Akutansi Tahun 2022, Bupati Way Kanan Terima Penghargaan WTP Ke 12 Kali Berturut-turut
Hadiri RAKERNAS Akutansi Tahun 2022, Bupati Way Kanan Terima Penghargaan WTP Ke 12 Kali Berturut-turut

Hadiri RAKERNAS Akutansi Tahun 2022, Bupati Way Kanan Terima Penghargaan WTP Ke 12 Kali Berturut-turut

LAMPUNG1.COM, Way Kanan --- Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Inspektur Daerah Kabupaten, Dra. Yuliawati, M.M dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kusuma Anakori, S.E.,M.A.P menghadiri Puncak Acara RAKERNAS Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2022 serta Menerima Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2022 di Gedung Kemala Departemen Keuangan RI, Jakarta, Kamis (22/09/2022).

Pada acara yang mengusung tema “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan bahwa utamanya akuntabilitas keuangan diharapkan dapat memberikan dampak yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Tahun 2022 Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah memiliki peningkatan yang membanggakan atas Akuntabilitas Keuangan dan Hasil Audit BPK terdapat 500 Pemeirntah Daerah dan 83 Kementerian/Lembaga mendapatkan WTP.

 

Menkeu juga memberikan ucapan selamat atas penerimaan Penghargaan dan Apresiasi pencapaian akuntabilitas tata kelola keuangan Negara dan Daerah yang terus meningkat setiap tahunnya. Disampaikan pula bahwa Menkeu sanngat bangga atas responsif Tata Kelola Keuangan dalam menghadapi Musibah Pandemi Covid-19, dimana Anggaran yang selalu berubah untuk kebutuhan alokasi anggaran untuk kebutuhan dalam penanganan Covid-19 yang tidak ada kepastian untuk berakhir.

 

Menurut Menkeu, pada masa penanganan Covid-19 banyak alokasi anggaran yang diubah dari belanja-belanja yang sudah ditetapkan diubah untuk alokas Belanja dibidang Kesehatan, Belanja Bantuan Sosial dan Pemulihan Ekonomi baik oleh Keuagan Negara dan Daerah. Menkeu juga mengakui bahwa Indonesia dianggap yang mampu menangani Pandemi Covid-19 dengan baik. Indonesia sudah dapat tumbuh ditengah kondisi Pandemi yang terjadi, Indonesia juga mampu mengendalikan kemampuan Keuangan Negara dengan baik serta mengalami Penurunan Angka Kemiskinan yang menurun, Pertumbuhan Pembangunan yang Meningkat. Untuk itu, Menkeu meminta seluruh penyelenggara Negara baik Pusat dan Daerah untuk terus mengawal Akuntabilitas Keuanngan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

 

Sebelumnya, Dirjen Perbendaharaan Kemenkau RI, Dr. Hadyanto, S.H.,LLM dalam laporannya mengatakan bahwa Pemberian Penghargaan di berikan kepada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk memberikan apresiasi dan Penghargaan Tertinggi atas upaya yang dilakukan untuk meningkatkan Kinerja Akuntabilitas Keuangan Negara dan Daerah, serta untuk memberikan dorongan dan dukungan kepada Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan akuntabilitas keuangan Negara dan Daerah, dan juga memberikan arahan untuk terus meningkatkan fungsi dan dampak, manfaat keuangan Negara dan Daerah termanfaatkan sebesar-besarnya kepada masyarakat.

 

Diketahui, pada acara tersebut Menteri Keuangan memberikan Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan Atas Capaian Opini WTP Minimal 10 Kali Berturut-turut Untuk Laporan Keuangan Pemeirntah Daerah Tahun 2012 sampai dengan 2021, yang diterima langsung oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya. Dengan penghargaan yang diraih, maka Kabupaten Way Kanan berhasil meraih Penghargaan Opini WTP 12 Kali Berturut-turut. (Azhari)

Visitor: 24