Home / Ruwa Jurai / Hari Tanpa Tembakau Sedunia, di Kota Metro, di Nodai Aksi Merokok di Lingkungan Sekolah.
Hari Tanpa Tembakau Sedunia, di Kota Metro, di Nodai Aksi Merokok di Lingkungan Sekolah.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, di Kota Metro, di Nodai Aksi Merokok di Lingkungan Sekolah.

LAMPUNG1.COM, Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) tahun 2016, yang tepat jatuh pada hari ini, Selasa (31/5), justru di Nodai dengan aksi Merokok di dalam lingkungan Pendidikan, di Kota Metro, yang notabene merupakan Kota Pendidikan di Propinsi Lampung.

Yang lebih memprihatinkan, aksi merokok di Kota Pendidikan ini, bukan hanya dilakukan oleh para pendidik saja, tapi ternyata juga dilakukan oleh pelajar, di lingkungan sekolah.

Selain menodai Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2016, aksi merokok dilingkungan sekolah ini, juga sangat di sesalkan oleh Widiawati, salah seorang warga kota Metro yang tinggal di sekitar sekolah yang ada di Kecamatan Metro Timur.

“Kalo mau liat Guru atau pihak sekolah merokok, gampang mas, itu liat aja mereka santai merokok di ruang guru, tempat parkir, atau kantin, tapi kalo mau liat murid merokok, liat di sekitar kantin aja, atau di pojok belakang sekolah”, ujarnya.

Padahal, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 64 Tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di sekolah, Pasal lima, dijelaskan bahwa, Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik dan Pihak lain, dilarang merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan atau mempromosikan rokok di lingkungan sekolah.

Dan Dinas Pendidikan setempat, sesuai dengan kewenangannya, harus memberikan teguran atau sanksi kepada kepala sekolah dan guru, apabila terbukti melanggar ketentuan tersebut.

“Di lingkungan sekolah, guru jelas tidak boleh merokok dan jika dilanggar, akan ada sangsi tegasnya, salah satunya di Mutasi” ujar Menteri Pendidikan - Anies Baswedan. (Ded)

Visitor: 2919