Home / Ruwa Jurai / Kabupaten Pali Sukses Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Tingkat Nasional
Kabupaten Pali Sukses Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Tingkat Nasional

Kabupaten Pali Sukses Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Tingkat Nasional

LAMPUNG1.COM,PAli - "KABUPATEN Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sukses menggelar pameran dan kontes bonsai perdana tingkat nasional Tahun 2022.

Pameran dan kontes bonsai diselenggarakan Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang PALI.



Lokasi yang dipilih di lapangan Gelora Pendopo Kecamatan Talang Ubi yang digelar sejak tanggal 21-28 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM pada Kamis (25/8/2022) didampingi Sekda PALI Kartika Yanti serta sejumlah kepala OPD dan Forkopimda dilingkup Pemkab PALI.

Pameran bonsai sendiri baru pertama kali digelar di Bumi Serepat Serasan, namun antusias peserta dan masyarakat cukup tinggi. Tercatat, sejak pameran dibuka sudah ada 330 pohon bonsai dari berbagai kelas atau banjiri arena pameran.

Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo MM akui bahwa mewakili masyarakat PALI merasa bangga karena hobi bonsai ini adalah hobi dengan dipadukan seni tingkat tinggi.

"Tinggi modalnya, tinggi kesabarannya dan tinggi biaya perawatannya. Tidak mudah membuat pohon bonsai, perlu ketelatenan dalam menanam dan merawatnya. Untuk itulah, kami merasa bangga terselenggaranya kegiatan ini di PALI," ungkap Heri Amalindo.

Bupati juga menyatakan bahwa sebagai daerah baru tentunya masih banyak kekurangan disana-sini.

"Kepada peserta dari 11 provinsi kami meminta maaf karena daerah kami masih baru, masih banyak kekurangan disana-sini, namun berkat kerjasama panitia pameran dan kontes ini bisa terlaksana," imbuhnya.

Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat PALI agar menjaga ketertiban dan keamanan selama kegiatan berlangsung.

"Tamu adalah raja, perlakukan dengan ramah agar selesai acara ini menjadikan kesan baik bagi seluruh tamu yang datang ke PALI. Bagi seluruh peserta juga kami harap datang dan pulang bisa selamat dan tetap sehat," pesan Bupati.

Sementara, Ketua PPBI Kabupaten PALI, H M Makki berkata bahwa ada 330 pohon bonsai yang ikut pada pameran itu dan merupakan perwakilan dari 50 hingga 55 cabang PPBI dari berbagai daerah yang ada di 11 provinsi.

"Kabupaten PALI yang dipercaya Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah ini, diikuti peserta dari berbagai daerah seperti, Provinsi Lampung, Jakarta, Banten, Bengkulu, Jambi, Riau, Jawa Barat dan Bali," ujar H Makki.

Ditambahkan H Makki bahwa pada kontes bonsai di PALI ada beberapa tingkat yang ikuti, dari tingkat prospek, pratama, dan madya.

"Untuk unsur penilaian sendiri ada empat yakni, penampilan secara umum. Lalu karakter dari bonsai itu sendiri. Kemudian, kematangan dan konsep dasar," ujarnya.

PPBI PALI dikemukakan H Makki merupakan organisasi pecinta bonsai termuda di Sumsel.

"Sekitar baru 10 bulan PPBI PALI berdiri, namun kami bertekad mensukseskan kegiatan ini. Kami bertekad juga saat ini PALI masih ditingkat Madya, namun tahun depan kami ingin naik tingkat menjadi utama bahkan tingkat bintang," tekadnya.

Ditambahkan perwakilan PPBI pusat M Rusmayadi menyampaikan selamat atas terselenggaranya pameran dan kontes bonsai di kabupaten PALI.

"Harapan kami, kedepan menjadi agenda tahunan seperti di cabang-cabang daerah lain dan menjadi acuan serta penyemangat bagi penggemar bonsai baru. (ADV)

Visitor: 264