Home / Ruwa Jurai / Ketua FKUB Batam Sebut Tak Berakhlak Mulia, THM Berdekatan Dengan Rumah Ibadah

Ketua FKUB Batam Sebut Tak Berakhlak Mulia, THM Berdekatan Dengan Rumah Ibadah

Lampung1.com - Batam, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batam angkat bicara terkait tempat hiburan malam yang berdampingan dengan rumah ibadah yang berlokasi di Kawasan Bida Asri II Batam Centre Kota Batam, yang dinilai kurang pantas dan tidak berakhlak mulia.

“Tentang adanya tempat hiburan malam yang berdampingan dengan rumah ibadah seharusnya tidak boleh, itu tidak berakhlak mulia", kata Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) Kota Batam Prof. Dr. Ir Chablullah Wibisono, MM kepada media ini,Senin (20/6/2022).

“Artinya, Mana dulu sekarang? Kalau tempat hiburan yang sudah ada, ( rumah ibadah) jangan dibangun dekat situ atau sebaliknya”, ungkap Chablullah.

Mengenai mana dulu yang ada antara rumah ibadah dan tempat hiburan malam.

Lebih lanjut ia katakan, berarti kita harus ke Disperakimtan / Tata Kota untuk membicarakan itu, mana yang mau dikalahkan, apakah rumah ibadahnya yang di tindak atau tempat hiburannya yang di tindak.

“Itu kan masalah tata ruang”,jelas Chablullah.

Masih tuturnya Chablullah, (ijin) semua sudah ada peruntukannya, ini rumah ibadah dan ini tempat hiburan malam.

"Kalau semuanya (ijin) itu ada berarti pemberian ijinnya salah” terang Chablullah.

“Itu perlu di cek, kami (FKUB) juga belum bisa menjustice karena belum tau persis tempat hiburan berdekatan dengan rumah ibadah.” tuturnya.

Lanjut Chablullah, itu tidak boleh tempat hiburan berdekatan dengan rumah ibadah karena menggangu kekhusyukan beribadah.

Mengenai tindakan yang diambil FKUB, Chablullah menjelaskan bahwa tugas dari FKUB diantaranya memberikan rekomendasi rumah ibadah untuk mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), mensurvei rumah ibadah.

“Jika ada konflik maka FKUB akan membahas bersama pemerintah untuk mengatasi konflik tersebut, dimana dewan pembina adalah Wakil Walikota” terang Chablullah.

” Ini kan kami belum dapat laporan, karena berdasarkan viralnya melalui pemberitaan di media” ucapnya.

Ditambahkannya jika ada konflik maka kami akan bertemu dengan pihak terkait untuk membantu Pemerintah Kota Batam.(iw)

Visitor: 1144