Home / Ruwa Jurai / Maju Untuk Pesawaran, Desa Sidodadi Gelar Musdes RKPDes 2023

Maju Untuk Pesawaran, Desa Sidodadi Gelar Musdes RKPDes 2023

LAMPUNG1.COM, Pesawaran-Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan intens membangun desa maju berkembang untuk Kabupaten Pesawaran ke arah lebih baik lagi, melalui sinergitas pemerintah desa dan BPD setempat, Sabtu (30/07/2022).

Kepala Desa Sidodadi, Tunggal menyampaikan Musdes RKPDes Tahun 2023 untuk Desa Sidodadi diawal meskipun desa lain belum melakukan Musdes RKPDes Tahun 2023. Desa Sidodadi paling awal bahas RKPDes Tahun 2023 di Kecamatan Teluk Pandan.

" Melalui Musdes ini kita bahas bersama berbagai hal terkait RKPDes tahun 2023, pembentukan panitia HUT 17 Agustus Ke-77, dan HUT Desa Ke-88, termasuk rembuk stunting," ujar Kepala Desa Sidodadi saat acara dihadiri Camat Teluk Pandan, Edy Sutrisno, Pendamping Kecamatan Irma Damayanti, dan berbagai unsur desa setempat di Balai Desa Setempat, Sabtu (30/07/2022).

Menurutnya, ini salah satu bentuk sinergitas pemerintah desa dan BPD Desa Sidodadi, meski tahun ini (2022, red) hanya satu titik dari program ketahanan pangan. Namun itu juga akan diadopsi rencana pembangunan tersebut dalam RKPDes Tahun 2023.

" Tak hanya itu, HUT 17 Agustus Ke-77 dan HUT Desa Sidodadi Ke-88, sekaligus semarak HUT Kabupaten Pesawaran Ke-15, tentu kita salurkan dari dana desa tahun 2022 ini senilai Rp. 20 juta, dan saya minta jangan sampai ada swadaya masyarakat," kata Tunggal.

Lebih dari, ia juga berharap desa Sidodadi terus tumbuh berkembang salah satunya dari potensi hutan desa menjadi ekowisata Mangrove Cuku Nyi-nyi.

" Sehingga mendapat support dari para NGO, terutama pak Bupati Dendi intens ke Desa Sidodadi agar tumbuh dan berkembang menjadi icon wisata unggulan," ujarnya.

 

Begitu juga pak Danlanal sambung Tunggal meresponsif menjadikan kemilau ekowisata mangrove Cuku Nyi-nyi sebagai kampung bahari nusantara dibawah binaan TNI-AL Lanal Lampung.

" Karena itu, setiap sudut jalan arah wisata Cuku Nyi-nyi akan dihiasi pelangi oleh Pak Danlanal, belum lagi akan mendapat bantuan dari Bank Indonesia untuk penambahan fasilitas wisata tersebut," pungkasnya.

Camat Teluk Pandan, Edy Sutrisno menyampaikan, digelarnya Musdes RKPDes Tahun 2023 oleh Desa Sidodadi bukan pertamanya di Kecamatan Teluk Pandan saja, tapi mungkin bisa se-Kabupaten Pesawaran.

" Jadi saya mengingatkan warga masyarakat desa Sidodadi untuk saling melengkapi dan saling mendukung, bersinergi, jaga kondusifitas desa untuk terus maju dan berkembang agar bisa bersaing dengan desa lainnya yang sudah maju dan berkembang," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Edy memastikan saat ini sudah terlihat bahkan pak Bupati intensi ke Desa Sidodadi untuk menjadi salah satu icon wisata mangrove di Kecamatan Teluk Pandan, khususnya Kabupaten Pesawaran.

" Apalagi tracking mangrove nya sudah jadi dan sudah dikelola dengan baik tentu itu akan ramai para wisatawan yang datang, dan bisa menghidupkan UMKM Desa Sidodadi," tandasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Sidodadi, Agus Pujianto sebelumnya menyampaikan, digelarnya musdes ini membahas RKPDes Tahun 2023, selain itu juga pembentukan panitia HUT 17 Agustus Ke-77, dan HUT Desa Ke-88, termasuk rembuk stunting.

" Terkait Musdes RKPDes Tahun 2023 ini menindaklanjuti usulan rencana kegiatan dari hasil musyawarah dusun (musdus) kembali dibahas di dalam musdes, jika tak terealisasi pada tahun ini, tentu kembali diusulkan untuk tahun 2023, karena dampak pandemi covid-19 yang belum berakhir," tandasnya didampingi, Ketua LPM Desa Sidodadi, Suyono. (Wahyudin).

Visitor: 57