Home / Kota Bandar Lampung / Pemprov Lampung Gelar Upacara Harkonas 2016
Pemprov Lampung Gelar Upacara Harkonas 2016

Pemprov Lampung Gelar Upacara Harkonas 2016

LAMPUNG1COM, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung laksanakan Upacara Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2016 di Lapangan Korpri (20/4).


Harkonas yang bertema "Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri" dengan sub tema "Konsumen Cerdas dengan Nasionalisme Tinggi Menggunakan Produk Dalam Negeri" ini diikuti Wakil Gubernur Lampung, Hi. Bachtiar Basri, SH.MM sebagai Inspektur Upacara, Korem 043 Gatam, LANAL Lampung, Brigif-3 Marinir, LANUD ATK, Polda Lampung, Ditpol Air, Satpol PP, SatPolHut, Dishub, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendapatan Daerah, serta Sekretariat Daerah Provinsi Lampung.


Menteri Perdagangan Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Lampung, menyampaikan bahwa perlindungan konsumen merupakan persyaratan mutlak, dalam mewujudkan prekonomian yang sehat melalui keseimbangan antara perlindungan konsumen dan pelaku usaha.


IMG_20160420_144401


Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, telah diberlakukan sejak Tahun 2000, sengketa konsumen dengan pelaku usaha telah banyak diselesaikan dengan murah dan mudah dengan dibentuknya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).


Untuk memberikan hak konsumen, Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan seluruh dinas terkait, telah mengembangkan sistem Jaring Pengaduan Konsumen, sistem ini terhubung dengan seluruh dinas yang menangani perdagangan di 34 provinsi di Indonesia dan termasuk top 99 dari lebih 2486 peserta.


Menurut Heriansyah, Kabag Humas Provinsi Lampung, Hari Konsumen Nasional bertujuan mendorong peningkatan daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri, menempatkan konumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi, mendorong pemerintah dalam mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.


Tanggal 20 April telah ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional (Harkonas) berdasarkan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pemilihan tanggal 20 April sebagai Harkonas didasarkan pada tanggal diterbitkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (Red)

Visitor: 1425