Home / Ruwa Jurai / Penataaan Dapil, KPU Pesawaran Usulkan Tiga Rancangan Kursi DPRD
Penataaan Dapil, KPU Pesawaran Usulkan Tiga Rancangan Kursi DPRD

Penataaan Dapil, KPU Pesawaran Usulkan Tiga Rancangan Kursi DPRD

LAMPUNG1.COM, Pesawaran - KPU Pesawaran mengusulkan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran menuju Pemilu 2024, kini memasuki tahapan sosialisasi dan pengumpulan tanggapan dari masyarakat.

" Melalui Tiga rancangan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Pesawaran diusulkan pada Pemilu 2024 mendekati 7 (tujuh) prinsip dasar pertimbangan sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2022," ujar Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino saat acara bertempat di Swiss-Bell Hotel, Jalan Rasuna Said No.18 Gulak Galik Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung, Rabu (30/11/2022).

Ia juga memastikan, hal itu menurut KPU sudah ideal dari tujuh (7) prinsip tersebut meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integral wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan, makanya itu di uji publik kan.

" Tentu, itulah di uji publik kan sebelum disampaikan ke KPU RI. Kalau ideal, dan tidak idealnya itu, menurut KPU, itu sudah sangat ideal karenakan minimal 3-12 kursi itu sudah terpenuhi, kemudian dari batas wilayah dan kohesivitas terpenuhi. Kohesivitas itu kan kita melihat adat budaya dan sebagainya," kata dia lagi.

Lebih dari itu Yatin melanjutkan, jadi adanya perubahan itu terjadi, karena adanya penurunan jumlah penduduk yang sebelumnya diatas lima ratus, sekarang dibawa lima ratus. Berakibat pada penurunan jumlah fungsi, yang tadinya berjumlah 45 menjadi 40.

" Hal tersebut berdasar data agregat kependudukan kecamatan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri kepada KPU, tercatat jumlah penduduk di Kabupaten Pesawaran
itu ada 478.558 jiwa sehingga alokasinya menjadi 40 kursi DPRD," jelasnya.

Masih Yatin menambahkan, rakor ini merupakan bagian dari KPU Pesawaran merangkul semua elemen masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terbaik guna nanti mengusulkan rancangan hasil kedepan.

" Termasuk berbagai usulan dan saran dalam rakor tersebut juga akan kita kaji. Jika memang ini sesuai aturan tentu akan kita akomodir yang jelas tidak melanggar aturan PKPU RI," pungkasnya.

Diketahui, dalam rapat koordinasi (Rakor) tersebut menjadi diskusi bersama berbagai usulan dan masukan dari kalangan Partai Politik, ormas, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Pemuda, dan akademik terkait sosialisasi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024.

Adapun dalam sosialisasi tersebut topik menarik mensoal tiga rancangan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Pesawaran pada Pemilu 2024 atas dasar 7 prinsip sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2022, diantaranya tiga rancangan Dapil Pesawaran 2024 tersebut mencakup :

Rancangan 1 (Satu) :

Dapil 1, Gedongtataan, jumlah kursi 9.

Dapil 2, Negerikaton, Tegineneng, jumlah kursi 11.

Dapil 3, Padangcermin, Teluk Pandan jumlah kursi 6.

Dapil 4, Pesawaran, Punduh Pidada, jumlah kursi 5.

Dapil 5, Way Lima, Kedondong, Way Khilau, jumlah kursi 9.

 

Rancangan 2 (Dua) :

Dapil 1, Gedongtataan jumlah kursi 9.

Dapil 2, Negerikaton, Tegineneng, jumlah kursi 11.

Dapil 3 Padangcermin, Punduh Pidada, Margapunduh, Telukpandan, Way Ratai, 11 kursi.

Dapil 4, Way Lima, Kedondong, Way Khilau, jumlah kursi 9.

 

Rancangan 3 (Tiga) :

Dapil 1, Gedongtataan, jumlah kursi 9.

Dapil 2, Negerikaton, jumlah kursi 6.

Dapil 3, Tegineneng, jumlah kursi 5.

Dapil 4, Padangcermin, Telukpandan, jumlah kursi 6.

Dapil 5, Punduhpidada, Margapunduh, Way Ratai, jumlah kursi 5.

Dapil 6, Way Lima, jumlah kursi 6.

Dapil 7, Kedondong, Way Khilau, jumlah kursi 6.

 

(Wahyudin).

Visitor: 206