Home / Ruwa Jurai / Perwira Polisi, Tertangkap Tangan, Pungli Puluhan Juta Rupiah

Perwira Polisi, Tertangkap Tangan, Pungli Puluhan Juta Rupiah

LAMPUNG1.COM, Komitmen Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian untuk membersihkan institusi Kepolisian yang di pimpinnya, dari kegiatan Pungutan Liar (Pungli) dan tindakan Korupsi, mulai di buktikan secara transparan, di wilayah hukum Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistiyaningsih, mengungkapkan bahwa pada Sabtu sore (15/10) kemarin, Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) Bidang Propam Polda Lampung, telah menangkap tangan seorang Oknum Perwira Polisi, yang bernama Inspektur Dua (Ipda) Abdur Rohim, yang menjabat sebagai Kanit V Ranmor Sat-Reskrim Polresta Bandar Lampung.

Aksi pungli yang dilakukan oleh Oknum Perwira Polisi ini, adalah dengan cara meminta uang sebesar Rp 50 juta rupiah, kepada pihak perusahaan, yang ingin mengajukan permohonan pinjam pakai kendaraan bermotor, yang di tahan oleh Sat-Reskrim Polresta Bandar Lampung, sesuai LP/B/4271/X/2016, tanggal 9 Oktober 2016.

Namun pihak perusahaan berusaha melakukan penawaran, dari permintaan Rp 50 juta rupiah, hingga ahirnya Ipda Abdur Rohim menyepakati untuk menerima “Uang Pelicin” Permohonan Pinjam Pakai 1 unit Dump Truck Lohan Losback, sebesar Rp 20 juta rupiah.

“Tindakan yang dilakukan oleh Oknum Perwira Polisi tersebut, jelas-jelas sangat mencermarkan dan merusak citra dan nama baik Kepolisian, khususnya di wilayah hukum Polda Lampung, sehingga Tim OPP Divisi Propam Polda Lampung, langsung menangkap tangan yang bersangkutan, dan membawa ke Polda Lampung, dan sudah melaporkannya ke Mabes Polri, untuk di lakukan proses hukum lebih lanjut”, jelasnya.

Sementara Wakapolda Lampung, Komisaris Besar Polisi Bonifasius Tampoi, menyatakan sangat mendukung Operasi Tangkap Tangan, yang dilakukan oleh Tim OPP Polda Lampung, terhadap Ipda Abdur Rohim ini, sehingga hal tersebut bisa membuktikan kepada warga masyarakat secara luas, bahwa Polisi bukan hanya mampu menindak masyarakat, tetapi Polisi juga berani menindak tegas personilnya, yang terbukti melakukan pelanggaran hukum. (Eko Arif)

Visitor: 1687