Home / Ruwa Jurai / Pesawaran Wakili Lampung dalam IKKON 2016
Pesawaran Wakili Lampung dalam IKKON 2016

Pesawaran Wakili Lampung dalam IKKON 2016

LAMPUNG1.COM, Pesawaran - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona sambut Kepala Badan Bekraf Pusat dan perwakilan Gubernur Lampung, dalam kegiatan Inovativ dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) Tahun 2016, dimana Kabupaten Pesawaran khususnya Desa Negeri Katon, Kecamatan Negeri Katon, sebagai wakil Provinsi Lampung dari 4 daerah lain, yakni Sawahlunto, Brebes, Rembang, dan Ngada-Flores.


Bupati Dendi Ramadhona atas nama pribadi, Pemerintah, maupun masyakarat, mengucapkan selamat datang kepada Kepala Badan Bekraf Pusat dan perwakilan Gubernur Lampung, di Kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama.


IKKON bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi kreatif diwilayah Indonesia melalui kolaborasi antara para pelaku berlatarbelakang pendidikan desain diberbagai sub sektor kreatif, dengan pelaku kreatif dari masyarakat lokal, dengan harapan dapat menciptakan karya baru (kekinian) yang akan menjadi ikon baru dari masing-masing daerah. Sehingga akan memperkaya budaya, khususnya pengembangan ragam hias dan fungsi kain tradisional seperti yang ada di Lampung yakni kain tapis.


prx_8247


Dendi juga menjelaskan, salah satu upaya konkrit dari Pemkab Pesawaran dalam pengembangan pariwisata adalah dengan mengalokasikan anggaran untuk menyusun panduan pengembangan pariwisata dengan kegiatan Pembuatan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata berupa RIPPDA. RIPPDA merupakan dokumen perencanaan dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pesawaran yang berisi tentang konsep rencana pengembangan destinasiwWisata, industri, pemasaran dan SDM kelembagaan pariwisata Pesawaran selama 15 tahun ke depan, sehingga pengembangan pariwisata Pesawaran dapat terarah, komprehensif dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan hidup.


Salah satu tahap dalam penyusunan RIPPDA, dengan merumuskan kesepakan dalam menentukan kebijakan dan strategi pengembangan pariwisata Kabupaten Pesawaran adalah diadakannya Forum Group Discussion.


Dendi berharap, seluruh SKPD, Camat, Kades dan stakeholder terkait dengan pengembangan pariwisata dapat memberikan masukan dan sarannya, sehingga RIPPDA yang akan dibuat dapat aplikatif dan sesuai dengan kondisi yang ada di Kabupaten Pesawaran. (Red/Hum)

Visitor: 9750