Home / Ruwa Jurai / Polres Pesawaran Simulasi Pengamanan Pilkades Serentak
Polres Pesawaran Simulasi Pengamanan Pilkades Serentak

Polres Pesawaran Simulasi Pengamanan Pilkades Serentak

LAMPUNG1.COM, Pesawaran - Polres Pesawaran menggelar pelaksanaan simulasi pengamanan dan pemungutan suara serta deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lapangan Apel Mapolres setempat, Selasa (06/12/2022).

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan, simulasi ini, bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 17 Desember 2022 mendatang.

" Dari peragaan simulasi pengamanan TPS maupun kesiapan personil pengamanan dilakukan guna mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan pada pelaksanaan tahapan sampai pelaksanaan pemungutan suara maupun penghitungan suara," jelas AKBP Pratomo Widodo.

Dengan demikian sambung Kapolres, personil yang terlibat pengamanan di 146 TPS maupun yang stand-by itu benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang harus dilakukan. Jika itu terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan.

" Jadi dalam hal ini untuk semua pihak memiliki tanggung jawab besar dalam mengamankan pelaksanaan seluruh tahapan Pilkades serentak, sehingga tercipta pemilihan yang aman dan kondusif," ucapnya.

" Jaga situasi tetap kondusif, hindari konflik yang dapat membelah persatuan di tengah warga. Untuk seluruh calon kalau sudah siap untuk maju. Berarti kalian juga sudah harus siap untuk kalah," tambah Kapolres.

Ketua Panitia Pilkades serentak Tingkat Kabupaten Pesawaran, Drs. M. Zuriadi, M.H menyampaikan, Pilkades serentak di Kabupaten Pesawaran akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2022, diikuti oleh 88 calon kades, 146 TPS dan 60.137 pemilih.

" Terdapat juga 2 Desa pemilihan PAW yaitu Desa Gedung Dalom 2 calon dan Desa Sanggi 3 calon. Bekenaan dengan itu, dilaksanakannya simulasi dan deklarasi damai," jelas Zuriadi juga Kepala Dinas PMD Kabupaten Pesawaran.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan itu atas Permendagri 72 tahun 2020, Perda No 3 tahun 2019, dan Perbup No 74 tahun 2022. Tujuannya untuk memberikan edukasi pelaksanaan Pilkades dalam masa pandemi.

" Selain itu juga membangun komitmen bersama agar aman dan kondusif serta menyamakan persepsi agar kondusifitas pelaksanaan Pilkades berlangsung," terangnya.

Simulasi Pengamanan Pilkades serentak turut hadir bersama Pabung Kodim 0421 Kab. Lampung Selatan (Mayor (Inf) Ihara Warsa, S.E, Kasubsi Intel Kejari Pesawaran Tri Kusuma Wijaya Arifin, S.H, Kaban
Kesbangpol Zainal Arifin, S.H, M.H,
Kadis Kominfo Jayadi Yasa, S.STP, M.IP

Serta para PJU Polres Pesawaran, dan
Para camat se Kabupaten Pesawaran maupun para calon Kades yang akan melaksanakan Pilkades beserta segenap
Para Ketua Panitia Pilkades tingkat desa.
(Wahyudin).

Visitor: 106