Home / Ruwa Jurai / Riana Sari Arinal: Alhamdulillah, Empat Kerajinan Lampung Menang Lomba Produk Unggulan Berpotensi
Riana Sari Arinal: Alhamdulillah, Empat Kerajinan Lampung Menang Lomba Produk Unggulan Berpotensi

Riana Sari Arinal: Alhamdulillah, Empat Kerajinan Lampung Menang Lomba Produk Unggulan Berpotensi

LAMPUNG1.COM, Jakarta - Sebuah kebanggaan bagi Provinsi Lampung, pasalnya empat produk kerajinan Provinsi Lampung menang pada lomba produk unggulan berpotensi dalam acara pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat.

Empat produk unggulan berpotensi dari Lampung yaitu; Tapis Cantik Mulang Tiyuh; Kota Bandarlampung karya Hj. Siti Rahayu. Sulam Jelujur Pesawaran, karya Heni Kristyowati, Tapis Kapal, Lampung Selatan, karya Yanti dan Sulam Jelujur Pesawaran, karya Sumaryanti.

Pemenang lomba produk unggulan berpotensi disampaikan Ketua Dewan Juri Hesti, pada penutupan Kriyanusa 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (25/9/2022) sore.

Menurut juri lomba produk unggulan berpotensi, kriteria penjurian diantaranya, produk original, inovatif, marketability, keunikan desain.

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal saat dimintai keterangan mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga atas diraihnya prestasi tersebut.

"Alhamdulillah dari 22 pemenang lomba produk unggulan berpotensi, empat kerajinan Lampung menang merupakan kebanggaan bagi Provinsi Lampung," Ujarnya.

"Selama ini Deskranasda sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan pembinaan-pembinaan dan Dekranasda Kabupaten/Kota sudah menuai hasil, mudah-mudahan kedepan akan lebih baik lagi, "tambahnya.

Sebanyak 22 produk unggulan berpotensi yang menjadi pemenang Kriyanusa 2022 yaitu; Tenun Sunkit dari Kalbar, Tenun Sidan dari Kalbar, Outer Batik, dari DKI Jakarta, Cutting board juga dari DKI.

Kain Tenun Sepang, Manggai Barat NTT, Bros Kulit Kerang Ukir dari NTTB, Tas Anyaman perak 925% dari Bali, Boks Anyaman Bili dari Aceh Besar, Tas Pesta Kombinasi Ulos dari Medan.

Tapis Cantik Mulang Tiyuh dari Kota Bandarlampung karya Hj. Siti Rahayu Sulam Jelujur,karya Heni Kristyowati dari Pesawaran, Tapis Kapal, Lampung Selatan karya Yanti dan Sulam Jelujur, Pesawaran, karya Sumaryati.

Syal Ombre dari Banten, Tas Kaban dari Kota Balik Papan. Tas Anyaman daun Lontar, Sulawesi Selatan, Sarung selindang Songket Batik dari Sumatera Selatan, Kain Songket Nirmala dari Sumsel, Kain Tenun Gedong dari Jawa Timur, Kain Sutera Latar motif Materos dari Jawa Timur, Karpet Eceng Gondok dari Pasuruan Jawa Timur, Anting Kar dari Jawa Barat.

Sedangkan pemenang Lomba penataan stand dimenangkan oleh Dekranasda DKI Jakarta, Dekranasda Kalimantan Barat dan Dekranasda Kabupaten Aceh Besar.

Penutupan Kriyanusa 2022 dilakukan oleh Ketua Pelaksana Liza Thohir, dihadiri Susana Masduki, Suparni Bahlil, Anna Plate, Hety Andhika. Juga dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasda Bali Putri Koster.

(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Visitor: 35