Home / Ruwa Jurai / Rusuh di Pilkades Serentak, Siap-siap Masuk Sel Khusus
Rusuh di Pilkades Serentak, Siap-siap Masuk Sel Khusus

Rusuh di Pilkades Serentak, Siap-siap Masuk Sel Khusus

LAMPUNG1.COM, Pesawaran- Pelaksanaan simulasi pengamanan dan pemungutan suara serta deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pesawaran menjadi komitmen bersama yang akan digelar 27 Desember 2022 mendatang.

Hal ini demi antisipasi terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan yang telah dipersiapkan Polres setempat sel khusus, apabila para calon kepala desa keluar dari komitmen tanpa menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di desanya masing-masing.

" Ya, kami telah meminta kepada Polres Pesawaran untuk menyiapkan sel khusus bagi para cakades maupun pihak-pihak yang dapat menggangu keamanan pada Pilkades serentak tahun ini," ujar Bupati Dendi Ramadhona saat hadir di acara tersebut di Lapangan Apel Mapolres setempat, Selasa (06/12/2022).

Ia juga menyebutkan, kalau memang ada masalah di lapangan, laporkan kepada pihak berwajib jangan main hakim sendiri.
Kalau ada kecurangan-kecurangan yang terjadi siapkan bukti-bukti dan laporkan kepada pengadilan.

"Jadi kita sepakati, kita berkomitmen pada Pilkades kali ini kita ciptakan situasi yang aman kondusif. Dan pesan saya kepada para calon kades agar menunjukan ketokohannya, jangan intervensi maupun intimidasi sana sini, jual visi misi masing-masing calon kades," terangnya.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan, simulasi ini, bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 17 Desember 2022 mendatang.

" Kita akan melaksanakan pemilihan kepala desa di 27 Desa dan 2 Desa PAW. Jadi saya tekankan kepada calon kades Incumbent maupun yang bukan agar mengedepankan situasi Kamtibmas yang kondusif," ujar AKBP Pratomo Widodo.

Kapolres juga mengingatkan bagi yang menang nantinya jangan beruforia berlebihan. Dan Pilkades harus jadi ajang adu gagasan, tidak perlu menggunakan kekerasan.

" Yang kita inginkan agar Pilkades ini menghasilkan kepala desa yang mengayomi masyarakat. Kami telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negri Pesawaran akan siap menerima laporan jika terdapat aduan," tandasnya. (Wahyudin).

Visitor: 119