Home / Ruwa Jurai / Tanda Tangan Palsu, Panwaslu Tuba Panggil Tiga Komisioner KPU
Tanda Tangan Palsu, Panwaslu Tuba Panggil Tiga Komisioner KPU

Tanda Tangan Palsu, Panwaslu Tuba Panggil Tiga Komisioner KPU

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang - Panwaslu panggil tiga Komisioner KPU ke kantor Panwaslu setempat, terkait laporan warga atas dugaan pemalsuan tanda tangan dukungan terhadap salah satu pasangan balon yang akan maju di Pilkada mendatang.


Namun, Rudi Antoni salah satu Komisioner KPU menyesalkan panggilan Panwaslu terhadap ketiga komisioner KPU tersebut. Hal tersebut di ungkapkan Rudi saat menunggu di ruang kerja Ketua Panwaslu, sore tadi (13/9).


Menurut Rudi, sebelum memanggil Komisioner KPU, seharusnya pihak Panwaslu melakukan penelitian terlebih dahulu atas laporan warga tersebut. Dan juga seharusnya Panwaslu memberitahukan secara jelas pokok permasalahan melalui surat panggilan itu.


"Jangan seperti saat ini, siapa yang melapor, dan masalah apa yang dilaporkan, semuanya serba gak jelas" Ujar Rudi Antoni.


Tidak diketahui pasti hasil pertemuan Panwaslu Tuba dengan ketiga Komisioner KPU itu, karena pertemuan bersifat tertutup.


terlihat-menghadap-depan-komisioner-kpu-tuba-sedang-dengar-pendapat-dengan-komisi-i-dprd-tuba


Sementara itu, tiga jam sebelumnya, empat Komisioner KPU, yakni Reka Punnata Ketua Komisioner KPU, Feri Yanto, Rudi Antoni, serta Hernan Tori, telah menghadiri hearing dengan Komisi I DPRD Tuba, terkait sama sekali belum adanya laporan pelaksanaan tahapan Pilkada yang dilakukan oleh KPU Tuba.


Menurut Heri Koko Ketua Komisi I DPRD Tuba, pemanggilan Komisioner KPU Tuba itu terkait pelaksanaan Pilkada berdasarkan UU No. 8/2015 Tentang Perubahan atas UU No. 1/2015 Tentang Pemilihan Gubernur, Walikota, dan Bupati, pada pasal 6 ayat 2, yang menyatakan bahwa penyelenggara Pemilu harus melaporkan setiap tahapan kepada DPRD yang ditembuskan ke KPU Provinsi dan Gubernur.


Turut hadir dalam hearing tersebut, Wakil Ketua DPRD Tuba Hendriwansyah sebagai koordinator Komisi I DPRD setempat. (Yahya Affyt)

Visitor: 456