Home / Ruwa Jurai / Tarian Ambai Blambangan Siswa SMAN 2 Tumijajar Pukau Penonton
Tarian Ambai Blambangan Siswa SMAN 2 Tumijajar Pukau Penonton

Tarian Ambai Blambangan Siswa SMAN 2 Tumijajar Pukau Penonton

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat - Dalam rangka memeriahkan Barsda ke 4 SMA Negeri 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat, kelompok tari kreasi siswa berhasil membuat penonton terpukau dengan menampilkan tarian Ambai Blambangan.


Gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan megungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran, serta bunyi-bunyi yang disebut musik mengiringi para penari, gerakan penari untuk memperkuat maksud yang ingin disampaikan.


Sebuah tarian sebenarnya merupakan perpaduan dari bebrapa buah unsur yakni unsuur wiraga, wirama, dan wirasa. Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk tarian yang harmonis, unsur utama dalam tarian adalah gerak, salah satunya tarian yang ditampilkan pelajar SMA Negeri 2 Tumijajar ini.


Tarian yang beranggotakan dua orang ini memukau penonton dengan gerakannya. Kedua penari yang menggunakan pakaian biru dan membawa sarung, berlenggak lenggok menggoyangkan anggota tubuhnya, seperti kaki, tangan, pinggul, dan kepala.


Tari Ambai Blambangan mengisahkan putri-putri Blambangan dalam membuat kain batik khas jawa.


Bibit selaku pelatih berharap, budaya jawa khususnya membatik dapat dilestarikan, lantaran itu merupakan kekayaan dan kunci kesuksesan bangsa Indonesia. (Taufik/Hamid)

Visitor: 4580