Home / Ruwa Jurai / UKS/M Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Anak Usia Sekolah
UKS/M Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Anak Usia Sekolah

UKS/M Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Anak Usia Sekolah

LAMPUNG1.COM, Tanggamus - Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, S. Ag Menghadiri Pertemuan Penguatan UKS/ M dan TP UKS/ M Tingkat Kabupaten Tanggamus yang di Selenggarakan di Meeting room Hotel 21 Gisting Kamis (1/12/2022).

Hadir dalam Kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Taufik Hidayat SE. M. Kes, Pengisi materi Ibu Novi franika SKM, M. Kes.
Ketua Panitia Herlina, S.ST. M. Kes Dalam laporannya Menyampaikan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) adalah Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan yang merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

Tujuan umum Meningkatkan Komitmen dalam pelaksanaan UKS/M, Sedangkan tujuan Khususnya Peserta memahami tentang Stratifikasi UKS/M, Peserta memahami peran lintas sektor terkait dalam UKS/M, peserta memahami semua indikator dan Terpaparnya petugas pengelola kesehatan remaja tentang SN-PKPR. Acara dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 30 November sampai dengan hari ini, Peserta Kegiatan sebanyak 30 orang yang terdiri dari SPLP Se-kabupaten Tanggamus, Dinas Kesehatan dan Puskesmas dengan UKS model di Kabupaten Tanggamus.

Sedangkan Wakil Bupati Dalam arahannya menyampaikan Dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan berupa kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk pada khususnya, maupun masyarakat pada umumnya, Anak Usia Sekolah (AUS) merupakan sasaran strategis pelaksanaan program kesehatan, jumlahnya besar, terorganisir dan mudah diakses, namun nyatanya masalah kesehatan anak usia sekolah masih sangat kompleks.

Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) merupakan program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan. UKS/M adalah suatu wadah dalam satuan pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Saya berharap peran TP-UKS dapat membantu pemerintah kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah pada khususnya dan masyarakat Tanggamus pada umumnya. Untuk kedepan model sekolah sehat/ pondok pesantren sehat agar menjadi agenda selanjutnya disamping agenda lainnya yang sudah masuk dalam perencanaan kegiatan UKS/M di Kabupaten Tanggamus tahun 2022," tutup Wabup".(adi)

Visitor: 102