Infrastruktur pembangunan Pemerintahan Pringsewu Ruwa Jurai Sosial

Unit Pelayanan Sosial Keliling Sambangi Disabilitas Kecamatan Ambarawa.

 

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, didampingi Kadis Sosial Provinsi Lampung Aswarodi secara resmi menutup kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Provinsi Lampung di Kabupaten Pringsewu tahun 2023, yang telah dilaksanakan selama 2 hari di Pekon Margodadi, Kecamatan Ambarawa, Kamis (25/05/23).

Dalam kegiatan itu diserahkan bantuan sosial bagi para penyandang disabilitas dari Dinas Sosial dan Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung.

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan kegiatan UPSK sebagai salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) lainnya sangat penting dilaksanakan dalam rangka memahami kondisi dan data penyandang disabilitas secara akurat. “Sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan kesejahteraan sosial bagi PPKS secara lebih adil dan merata,” katanya.

BACA JUGA:  RSUD Sukadana Siap Jadi Rumah Sakit Rujukan Andalan Di Lampung Timur

Dengan dilaksanakannya kegiatan UPSK ini, lanjut Pj. Bupati Pringsewu pada kegiatan yang dihadiri jajaran Pemkab, Camat, Kapekon serta para penyandang disabilitas, akan turut mendorong upaya pemulihan keberfungsian sosial khususnya bagi penyandang disabilitas agar mampu memenuhi kebutuhan dan hak dasarnya, serta melaksanakan tugas dan peranan sosialnya, sesuai dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Kepada seluruh stakeholder terkait, mulai dari unsur masyarakat, pekon dan kecamatan, saya berpesan agar dapat terus berperan aktif dalam kegiatan ini di tahun-tahun mendatang, sehingga akan semakin banyak lagi para penyandang disabilitas yang mendapatkan haknya, serta memiliki harapan hidup yang lebih baik lagi,” pesannya.

BACA JUGA:  Terapkan Prokes, Satgas TMMD Bojonegoro Dampingi Dinas Dukcapil Berikan Layanan Kependudukan

Untuk diketahui, pada tahun 2023 ini, Kabupaten Pringsewu mendapat alokasi peserta UPSK sebanyak 100 penyandang disabilitas yang tersebar di 4 kecamatan. Untuk bantuan yang diberikan pada kegiatan penutupan tersebut diantaranya kursi roda, tongkat tripod. Giat berakhir hingga sore hari. Sementara itu camat Pringsewu Moudy Ari Nazola diselah usai kegiatan menghampiri mereka yang menerima bantuan alat menyampaikan, kiranya bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat.(hikmah)

Loading